Senin, 23 Februari 2009

REKAM MEDIS



ASTER MEDICAL RECORD COMMUNITY


Selamat Datang di Blog Aster Medical Record Community. Disini tempat nongkrongnya anak-anak rekam medis Amik Aster










Aster Medical Record Community adalah Komunitas Rekam Medis Amik Aster.
Berikut adalah artikel Mahasiswa Rekam Medis Amik Aster:





Hasby :
Rekam Medis itu Penting.
Rekam medis adalah profesi yang sangat penting di bidang kesehatan, terutama ketika Undang-undang Perlindungan Konsumen telah berjalan efektif. Kehadiran profesi ini lebih diperlukan karena tuntutan hukum telah semakin sering dilakukan terhadap dokter dan fasilitas pelayanan kesehatan. Setiap rumah sakit tipe A harus memiliki minimal enam profesional rekam medis, sedangkan rumah sakit tipe B minimal empat orang. Untuk memenuhi kebutuhan ini, sekitar 20.000 lapangan pekerjaan terbuka untuk profesional rekam medis seluruh Indonesia.




Adi :

Informasi Seputar Rekam Medis

Apa itu rekam medis? Mungkin Anda sudah mengetahui konsep rekam medis sebelum membaca artikel ini. Atau mungkin, Anda belum tahu sama sekali tentang pengertian rekam medis? Saya akan menjelaskan pengertian rekam medis, entah Anda sudah mengetahuinya atau belum. Dalam blog ini kita bisa berbagi pengetahuan, informasi dan juga lowongan kerja yang tentunya berhubungan dengan dunia rekam medis.
Rekam medis merupakan penjuruan baru dalam perguruan tinggi di Indonesia. Masih jarang terdapat jurusan rekam medis di setiap perguruan tinggi dan kalau adapun masih berupa jenjang D3. Hanya beberapa perguruan tinggi yang mempunyai jenjang D4 Rekam Medis.
Banyak lowongan pekerjaan bagi perekam medis diberbagai lembaga pelayanan kesehatan seperti Puskesmas dan Rumah Sakit dari berbagai media cetak terutama internet. Tidak percaya? Cari saja pakai Google dijamin 100% pasti ketemu. Tahun ini banyak dibutuhkan tenaga ahli rekam medis apalagi adanya gerakan Indonesia Sehat 2010, kalau tahun 2011 mendatang masih banyak tidak yah lowongan rekam medis? Berdoalah bagi yang masih semester 2 prodi rekam medis (n.n)

REKAM MEDIS adalah sebuah catatan atau berkas yang berisikan sebuah perekaman mengenai hasil pengobatan pasien. Catatan tersebut berupa identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain kepada pasien pada sarana pelayanan kesehatan.
Kegunaan Rekam Medis sangat diperlukan bagi pelayanan kesehatan terutama pada Rumah Sakit, karena dengan adanya rekam medis para dokter akan terbantu dalam memberikan pelayanannya kepada pasien.




Yuni :
Rekam medis adalah propesi yang sangat di butuhkan dalam dunia kesehatan, karena sampai sekarang ini tenaga rekam medis di indonesia masih sangat kurang atau di butuhkan baik di rumah sakit umum maupun rumah sakit swasta.
Rekam Medis catatan dan ingatan tentang pratek kedokteran dikenal sejak zaman palaelolitikum kurang lebih 25.000 sebelum masehi ditemukan di gua batu spanyol, Edwin Simth menemukan Papyrus yang ditulis pada tahun 1600 SM pada abad ke 19 dimesir masih tersimpan di New York Of Medicine.
Sedangkan University Of Leipzing menyimpan papyrus Ebers yaitu ditulis pada tahun 1550 SM kurang lebih, yaitu ditemukan diantara kaki mumi dekat Thebes pada tahun 1872, Hippocrates lahir pada tahun 450 SM dikenal sebagai "Bapak Ilmu Kedokteran"
Rumah Sakit pertama yang menyimpan data rekam medis sejak dibuka pada tahun 1137 yaitu rumah sakit St Bartholomew di London, Inggris.
Raja Henry ke 8 sejak berkuasa pada tahun 91509-1547) membuat peraturan tentang menjaga kerahasian dan kelengkapan isi rekam medis adalah rumah sakit St Bartholomew sedangkan di Amerika rumah sakit Penzyvania di dirikan pada tahun 1752 yaitu menyimpan Indeks pasien yang di simpan sampai sekarang dan di Boston rumah sakit Massachusete oleh pustakawan Grace Whiting Meyers pada tahun (1859-1957) mulai membuat Katalog catatan- catatan rekam medis pasien dan mengenal terminologi medis (istilah- istilah kedokteran).






Melky :

Halo, nama saya adalah Melky. Mahasiswa Amik Aster jurusan Rekam Medis. Disini, saya ingin menerangkan sedikit tentang Medical Record. Medical Record atau yang biasa dikenal dengan nama Rekam Medis adalah sebuah istilah dari ilmu kesehatan yang berarti daftar riwayat penyakit Pasien.




Derek :
Nama saya adalah DEREK DUWIT mahasiswa AMIK ASTER yogyakarta.
Saya berasal dari Papua (sorong City) yang terkenal dengan kota minyak.

Dalam dunia Rekam Medis (medicall Record) jarang dijumpai di bagian Indonesia timur. Maka dari itu, Saya menghimbau kepada khalayak umum khususnya wilayah Indonesia Timur untuk berpartisipasi dan berperan dalam dunia kesehatan.




Yopi : Hi Bro.. Nama Saya Yopiter Lokden, asal saya dari Sorong, Papua. Saya mahasiswa Amik Aster jurusan Rekam Medis.Rekam Medis diperlukan terutama daerah Indonesia bagian Timur. Bagi yang merasa seorang ahli perekam medis silahkan datang ke Sorong. Dijamin gaji tinggi.





Yoram :
Haloo.. Nama Saya Yoram Tefbana. Gw kuliah di Amik Aster jurusan Rekam Medis. Didalam Blog ini, gw pengen ngasih tau tentang apa aja yang ada didalam pekerjaan seorang perekam medis.
1. Paling penting yang harus dimiliki seorang ahli perekam medis adalah "ramah senyum"
2. Selanjutnya, perekam medis harus tau tentang cara dan prosedur alur rawat jalan dan rawat inap
3. Seorang perekam medis juga harus tau tentang kode-kode penyakit
4. Faktor ingatan juga penting, buat pengingat wajah-wajah pasien. Ah... ga penting-penting amat ceee
5. Terakhir,, info lebih lanjut. Silahkan hubungi dokter.




Hans :
Dengan semakin berkembangnya dunia kesehatan di Indonesia, rekam medik mempunyai peranan tidak kalah pentingnya dalam menunjang pelaksanaan Sistem Kesehatan Nasional (SKN). Rekam medik sangat penting selain untuk diagnosis, pengobatan juga untuk evaluasi pelayanan kesehatan, peningkatan efisiensi kerja melalui penurunan mortalitas & motilitas serta perawatan penderita yang lebih sempurna. Rekam medik harus berisi informasi lengkap perihal proses pelayanan medis di masa lalu, masa kini & perkiraan terjadi di masa yang akan datang.
Kepemilikan rekam medik sering menjadi perdebatan di kalangan kesehatan, karena dokter beranggapan bahwa mereka berwenang penuh terhadap pasiennya akan tetapi petugas rekam medik bersikeras mempertahankan berkas rekam medik di lingkungan kerjanya. Di lain pihak, pasien sering memaksa untuk membawa atau membaca berkas yang memuat riwayat penyakitnya. Hal ini menunjukan bahwa rekam medik sangat penting.





Oscart..

KENDALA DALAM BIDANG REKAM MEDIK

Seiring dengan tuntutan terhadap sistem pelayanan di rumah sakit,maka sudah seharusnya setiap rumah sakit maupun puskesmas memiliki tenaga rekam medis minimal 4 orang.keberadaan tenaga rekam medis sangat membantu dalam melayani pasien ataupun pengunjung.Tetapi kenyataan sekarang yang dihadapi adalah kurangnya tenaga rekam medis.Tenaga rekam medis sekarang yang ada kebanyakan bukan berasal dari lulusan rekam medik.tetapi berasal dari jurusan lain.Sering terjadi kesalahan dalam pengolahan data medik,hal ini disebabkan karena kurangnya keahlian dari tenaga rekam medis tersebut.Hal ini dapat mengganggu sistem pelayanan di rumah sakit.

Selain kurangnya tenaga ahli rekam medis,kendala lain yang dihadapi adalah sarana pendukung yang kurang.Penggunaan alat-alat bertehnologi tinggi seperti komputer sangat membantu tenaga rekam medis dalam menjalankan tugasnyan.





Sundari

Rekam Medis Elektronik


Berdasarkan sumber yang saya baca Sistem informasi Rekam medik elektronik(rekam medik berbasis-komputer) adalah sistem penyimpanan informasi secara elektronik mengenai status kesehatan serta pelayanan kesehatan,yang diperoleh pasien sepanjang hidupnya dan tersimpan sedemikian hingga dapat melayani berbagai pengguna rekam yang sah(Shortliffe, 2001).
Sistem informasi rekam medik elektronik kini telah banyak diterapkan oleh Rumah Sakit-Rumah Sakit yang ada di Indonesia sebab telah terbukti memberi kemudahan pada petugas pelayanan kesehatan,sehingga mempercepat proses yang akan diperlukan baik bagi pihak rumah sakit maupun bagi pihak pasien tersebut.
Sistem informasi rekam medik eletronik pada era saat ini sangat membantu kinerja petugas pelayanan kesehatan karena memberi kemudahan-kemudahan dalam mendata segala sesuatu tentang pasien untuk dibutuhkan dengan cara yang cepat.
Namun dibalik kemudahan-kemudahan yang terdapat dalam sistem informasi rekam medik elektronik terdapat pula kelemahan-kelemahan dalam mengoperasikannya,seperti:membutuhkan biaya yang tidak sedikit,diperlukan sistem jaringan serta sistem keamanan yang kuat.




Putri...

Rekam medis sebagai catatan dan ingatan tentang praktek kedokteran telah dikenal sejak jaman paleolitikum kira-kira 25000 sebelum masehi yang ditemukan di gua batu di spanyol. setelah dikenal nya ilmu statistik pada abat ke 17 peranan data rekam medis menjadi sangat penting untuk menghitung angka kesakitan,dan kematian di rumah sakit tertentu atau pada wilayah tertentu. Kebutuhan tentang perlunya rekam medis diseluruh dunia pada awal abat 20 semangkin berkembang dengan adanya akreditasi pelayanan kesehatan yang mendorong didirikanya asosiasi-asosiasi perekam medis diseluruh negara. menurut kamus umum bahasa indonesia rekam medis adalah hasil perekaman berupa keterangan hasil pengobatan pasien.





Irma :
REKAM MEDIS
Rekam medis artinya: berkas yang berisi catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain pada sarana yankes.
Ada juga kegunaanya antara lain:administasion, legal, finansial, risearch, edukation, dan dokumentasi.
Di dalamnya juga ada sistem indeks seperti: indeks penyakit, indeks tindakan, indeks dokter, dan indeks kematian.






Risna :
Rekam Medis dan Kegunaannya
Dalam pelayanan kedokteran di tempat praktek maupun di rumah sakit yang standar, dokter membuat catatan mengenai berbagai informasi pasien dalam suatu berkas yang dikenal sebagai Status, Rekam Medis, Rekam Kesehatan atau Medical Record. Berkas ini merupakan suatu berkas yang memiliki arti penting bagi pasien, dokter, tenaga kesebatan serta Rumab Sakit. Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai Rekam Medis serta aspek medikolegalnya.





Jeremias cristanto..

SEKILAS PERKEMBANGAN BIDANG KESEHATAN DI FLORES NTT

Saat ini perkembangan bidang kesehatan khususnya pada daerah-daerah terpencil di pulau Flores belum dapat dirasakan/dinikmati secara merata oleh masyarakat. Ini disebabkan oleh gerak ekonomi yang berjalan lamban(Down Turn) terutama perhatian pemerintah terutama bidang kesehatan yang cukup rendah. Selain itu pula, seperti yang terjadi di Flores khususnya pada desa-desa terpencil kesadaran masyarakat terhadap dunia kesehatan yang sangat-sangat rendah bahkan banyak masyarakat yang masih mempercayai kekuatan-kekuatan gaib atau kekuatan supranatural (Dukun) dan ini sudah berjalan sudah bertahun-tahun sehingga berakumulasi menjadi jumlah diluar batas kewajaran,akibatnya jumlah angka kematian pun semakin bertambah besar dari tahun-ketahun.Adapun faktor lain yaitu jumlah Rumah Sakit yang sangat sedikit/ kurang sekali (satu rumah sakit untuk satu kabupaten) padahal pada daerah-daerah yang sudah maju seperti di Jawa sudah terkonsep satu rumah sakit untuk satu kecamatan.faktor ini sangat mempersulit masyarakat untuk mengakses perjalanan dari desa untuk bisa Sampai ke kota demi mendapat pelayanan medis.





Gordianus Paso:...
SEKILAS TENTANG REKAM MEDIS

Dengan kemajuan teknologi jaman sekarang,penyelenggaraan rekam medis memiliki sejarah panjang yang mengalami evolusi sekedar pengumpulan catatan medis menjadi database untuk mengelola system informasi kesehatan berbasis computer.Namun demikian masih banyak hal – hal yang haarus dipertahankan sebagain dokumen penting dalam pelayanan kesehatan sejak mula kelengkapan isi data rekam medis,menjadi sangat penting untuk kesinambungan informasi pelayanan kesehatan.Selain itu cara penyimpanan diatur sedemikian rupa,sehingga isi data rekam medis agar tejaga keamanannya dan dokumenya mudah diambil kembali,serta tatacara pemusnahannya harus mengikuti tatacara yang benar.Pada milanya fisik dokumen yang menjadi perhatian utama yaitu pengelolaan data atau berkas rekam medis.Oleh karena itu desain formulir dan desain rekaman pada awalnya menjadi cara yang paling penting untuk mencatat dan mengumpulkan data.



Alfons :

REKAM MEDIS


Pada zaman sekarang ini,teknologi informasi semakin berkembang dari waktu ke waktu.Teknologi informasi mempunyai pengaruh yang sangat besar di segala bidang kesehatan dan sebagainya.salah satunya pada bidang kesehatan yaitu pada sistem Informasi Rekam Medis.

Dengan perkembangan teknologi informasi tersebut yabg pada awalnya di dunia pekerjaan Rekam Medis di rumah sakit-rumah sakit dalam pengisian data-data rekam medis dilakukan secara manual atau dengan tulisan tangan. Dengan kemajuan Teknologi Informasi tersebut pengisian data-data Rekam Medis perlahan-lahan diganti dengan sistem rekam medis elektronik atau pengisian data-data RM diganti dengan menggunakan perangkat-perangkat lunak komputer.

Sehingga sekarang ini disetiap rumah sakit mulai menggunakan rekam medis elektronik,sehingga dalam pengisian data lebih cepat atau tidak memakan waktu yang lama,dan hubungan kerja disetiap unit di rumah sakit dapat berjalan dengan lancar.




NAMA :MARIA HERLINA WUNU LERA
NIM :0810301154

KODE ETIK REKAM MEDIK


Rekam Medis dan informasi kesehatan merupakan aspek pe untuk mendukung keberhasilan pembangunan kesehatan.Oleh karena itu pengembangan sistem dan penerapannya di dukung oleh tenaga profesi yang berkualitas,karena informasih Rekam Medik menyangkut kepentingan dan kerahasiaanpribadi pasien.Maka perekam medis perlu merumuskan perilaku profesi dalam mempertanggungjawabkan segala tindakan baik kepada pasien maupun masyarakat luas.

Ada beberapa hal yang menyangkut tentang Kode Etik Perekam Medis adalah.

a.Kewajiban umum.

b.Perbuatan atau tindakan.

c.Peningkatan kpengetahuan dan kemampuan.

d.Kewajiban terhadap profesi.

e.Kewajiban terhadap diri sendiri.


Sebagai perekam medis harus mengutamakan pelayanan daripada kepentingan pribadi dan perekam medis juga wajib menjaga serta menyimpan data rekam medis dan menjunjung tinggi dokrin kerahasiaan data pasien.

Orang yang bekerja sebagai perekam medis harus pengetahuan dan kemampuan yang tinggi di bidang teknologi yang berkaitan dengan perkembangan di bidang Rekam Medis.


Maria ivolina Lando...

SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS


Sistem informasi rekam medis merupakan salah satu program baru dan sangatlah penting didalam bidang kesehatan.Seorang rekam medis memiliki data-data atau informasi penting yang berhububungan dengan pasien,seperti KIUP(Kartu Indeks Utama Pasien) sebagai nomor identitas pasien dll.Data-data yang ada disimpan sehingga dapat terjaga keamanannya dan jika sewaktu-waktu diperlukan dokumenya mudah diambil kembali,serta cara pemusnahannya harus mengikuti tata cara yang benar.

Segala pekerjaan seorang Perekam Medis selalu berhubungan dengan alat-alat teknologi informasi yang modern.Jadi, petugas rekam medis setidaknya harus bisa mengoperasikan komputer sebagai prasyarat dalam manajemen Data Base pasien untuk mempermudah cara mengakses data pasien. Dokumen rekam medis ini bersifat sangat rahasia dan juga bisa digunakan dalam proses hukum jika ada kesalahan yang dilakukan oleh pihak Rumah Sakit dll.





Maria Magdalena Saingo..

REKAM MEDIS DAN SISTEM INFORMASI KESEHATAN DI SARANA PELAYANAN KESEHATAN PRIMER (PUSKESMAS)

Pengertian REKAM MEDIS
Rekam medis adalah keterangan baik yang tertulis maupun terekam tentang identitas ,
anamnesa,penentuan fisik , laboratorium, diagnosa segala pelayanan dan tindakan medik
yang diberikan kepada pasien dan pengobatan baik yang dirawat inap , rawat jalan maupun
yang mendapatkan pelayanan gawat darurat 1.
Rekam medis mempunyai pengertian yang sangat luas , tidak hanya sekedar kegiatan
pencatatan, akan tetapi mempunyai pengertian sebagai suatu sistem penyelenggaraan rekam
medis yaitu mulai pencatatan selama pasien mendapatkan pelayanan medik , dilanjutkan
dengan penanganan berkas rekam medis yang meliputi penyelenggaraan penyimpanan serta
pengeluaran berkas dari tempat penyimpanan untuk melayani permintaan/peminjaman
apabila dari pasien atau untuk keperluan lainnya 1
Rekam medis mempunyai 2 bagian yang perlu diperhatikan yaitu bagian pertama
adalah tentang INDIVIDU : suatu informasi tentang kondisi kesehatan dan penyakit pasien
yang bersangkutan dan sering disebut PATIENT RECORD, bagian kedua adalah tentang
MANAJEMEN: suatu informasi tentang pertanggungjawaban apakah dari segi manajemen
maupun keuangan dari kondisi kesehatan dan penyakit pasien yang bersangkutan 2






Ratna :
SISTEM DATA REKAM MEDIS RUMAH SAKIT
Selain puskesmas sebagai tempat pusat kesehatan yang palig pertama,Rumah sakit juga merupakan tempat pelayanan masyarakat dari segi kesehatan, seperti poliklinik, UGD, medical check-up. Pendataan para pasien atau para karyawan/staff rumah sakit. Pada saat ini masih banyak rumah sakit yang menggunakan system pendataan pasien baik pasien yang lama atau pasien yang baru masuk,yang bersifat tradisional dan manual. System tersebut masih mengandalkan kinerja staff dan dokumen-dokumen yang membutuhkan ruangan yang lebih besar untuk menyimpan. Dengan adanya teknologi RFID system manajemen yang masih tradisional dapat menjadi lebih efisien.
Radio Frequency Identification (RFID) merupakan teknologi comapct wireless yang diunggulkan untuk mentransformasi dunia komersil. Dan sekarang RFID dapat digunakan di bidang kesehatan. Sistem-sistem RFID menawarkan peningkatan efisiensi dalam pendataan pasien, pemberian obat dengan teratu dan benar untuk pasien, mengetahui lokasi pasien dan pembayaran secara otomatis.





Roy..

SEJARAH REKAM MEDIS

Rekam Medis merupakan sejarah panjang yang mengalami Evolusi dari sekedar pengumpulan catatan medis menjadi data base untuk pengelolaan informasi kesehatan Berbasis komputer.dalam hal ini termasuk penyimpanan data-data penting rekam medis secara teratur sehingga isi data rekam medis menjadi teratur dan terjaga keamananya.Awalnya Informasi Rekam Medis hanya sebagai keperluan yang terbatas yaitu pelayanan Dokter dari waktu ke waktu tetapi dengan perkembangan teknolologi sehingga mempermudah dalam mengakses data-data yang dimiliki oleh Pasien dengan menggunakan sistem Unit numbering sistem sebagai syarat dalam manajemen data base.








10 komentar:

  1. Hany Tandafatu
    Masih banyak yang beranggapan bahwa rekam medik tidak terlalu penting,hal ini dapat menyebabkan rasa tidak puas bagi seorang perekam medik,padahal rekam medik adalah jantung rumah sakit karena maju mundurnya suatu rumah sakit dinilai dari indikator pelayanan yang dihitung melalui BOR,AVLOS,TOI,BTO,GDR,NDR jadi untuk itu saya harapkan bagi para dokter dan perawat, bidan yang bertugas di rumah sakit baik rawat jalan maupun rawat inap marilah kita bersama-sama menjunjung tinggi setiap profesi yang ada di rumah sakit, lengkapilah status pasien dengan baik dan benar sehingga dalam mengolah data dapat mencapai data yang tepat, cepat dan akurat.

    BalasHapus
  2. saya kira rekam medis itu penting bos!
    kalau g penting buat apa ada akademi perekam medis dan informatika kesehatan. tolong anda berfikir.

    BalasHapus
  3. trus kalau sistem kerjanya gmna??

    BalasHapus
  4. anda harus menguasai ICD.

    BalasHapus
  5. SALAM REKAM MEDIS & INFORMASI KESEHATAN !

    PESAN SAYA YANG JUGA SAMA SATU PROFESI DENGAN KALIAN SEBAGAI PEREKAM MEDIS. SAYA LULUSAN REKAM MEDIS & INFORMASI KESEHATAN UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA. KTA SEBAGAI TENEGA PROFESI REKAM MEDIS & INFORMASI KESEHATAN, "JANGAN MAU DIBAYAR MURAH !" KEBANYAKAN DARI KITA TERUTAMA YANG BARU LULUS, SELALU MENERIMA GAJI YANG RENDAH. SUKUR SUKUR = UMR. DENGAN ALASAN UNTUK CARI PENGALAMAN. BUANG JAUH-JAUH CARA BERFIKIR SEPERTI ITU. MINTALH GAJI YANG LAYAK MENGINGAT KITA ADALAH PROFESIDIATAS UMR KOTA. TAU "PORMIKI" ? KITA PUNYA ORGANISASI & DAN KITA JUGA SAAT INI WAJIB MEMILIKI "STR" INGAT KEBERADAAN KITA SAAT INI SETARA DENGAN PERAWAT & TENAGA MEDIS LAINNYA DI RUMAH SAKIT. SIAPA LAGI YANG BISA MENGHARGAI KITA KALAU BUKAN KITA SENDIRI. TPI MINTA GAJI TINGGI JUGA HARUS DIIMBANGI OLEH KEMAMPUAN & PEMAHAMAN YANG MUMPUNI PULA MENGENAI REKAM MEDIS & INFORMASI KESEHATAN.

    MAAF BILA ADA KATA-KATA YANG KURANG BERKENAN.


    "SEMANAGT"

    BalasHapus
  6. kalau tempat kuliahan rekam medis di Bsndung yang bagus dimana ya? mohon bantuannys..

    BalasHapus
  7. kalo bikin judul proyek khusus yg unik tentang rekam medis enaknya apa ya ??

    BalasHapus
  8. buat sobat semua..mau tanya... apa akibat dari kelelahan petugas rekam medik terhadap kinerja Rumah Sakit

    BalasHapus
  9. buat tmn semuaa.....
    apa judul kti yang bagus yang berhubungan dengan analisa rekam medis,,,,
    tolong di bantu ya

    BalasHapus
  10. Dear all,

    Dibuka lowongan di Siloam Hospitals Manado untuk Medical Record...

    BalasHapus